Categories
Berita

Hikayat Ringkas Menteri Dari Texas Bag3

Mereka merumuskan perintah Presiden agar Arcandra tetap menjadi menteri, dan urusan kewarganegaraan beres. Pertimbangan yang muncul antara lain, jika Arcandra mundur lalu diangkat lagi, pemerintah perlu memberikan penjelasan ke publik agar tidak gaduh. Hingga rapat berakhir pada Kamis itu, belum ada keputusan opsi mana yang dipilih.

SENYAP di Istana, kabar masalah kewarganegaraan Arcandra mulai menyebar di publik keesokan harinya. Bermu la dari pesan berantai telepon seluler, informasi itu mulai ramai di media sosial pada Jumat pagi dua pekan lalu. Bocornya informasi ”genting” ini membuat Istana kembali gaduh. Pada hari itu, Presiden memanggil pejabat terkait dan kembali menggelar rapat mendadak. Namun, menurut pejabat pemerintah tadi, rapat itu tetap tidak menghasilkan keputusan karena Jokowi berkukuh tidak membuka opsi mundur untuk Arcandra.

Besoknya, Sabtu pagi dua pekan lalu, soal Arcandra kembali dirapatkan di Istana dengan peserta sejumlah menteri yang sama, ditambah beberapa pejabat Istana Kepresidenan. Arcandra yang juga hadir ketika itu hanya menjawab singkat pertanyaan wartawan. ”Saya pemegang paspor Indonesia,” katanya. ”Lihat wajah saya, Padang begini.” Dalam rapat itu, Jokowi menegaskan tetap ingin Arcandra jadi menteri. Sedangkan di luar Istana, publik terus berpolemik tentang kabar ini. Hingga Ahad, 14 Agustus, ketika menghadiri hari ulang tahun Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jokowi gamang menjawab pertanyaan wartawan tentang Arcandra. ”Mengenai itu, biar Mensesneg yang menyampaikan,” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *