Categories
Berita

Hikayat Ringkas Menteri Dari Texas Bag4

Ia kemudian menunjuk Pratikno, yang ada di sebelahnya. Pratikno menyatakan Arcandra berpaspor Republik Indonesia. Ketika pulang ke Indonesia setelah 20 tahun tinggal di Amerika Serikat, Arcandra menggunakan paspor Indonesia, yang masih berlaku hingga 2017. Menurut Pratikno, Jokowi memanggil pulang karena Arcandra memiliki sejumlah hak paten bidang perminyakan dengan kualifkasi internasional Hingga Senin siang, perdebatan di kalangan pembantu Presiden mengenai status kewarganegaraan Arcandra di Istana Kepresidenan masih berlanjut.

Opsi untuk mempertahankan Arcandra masih kuat. Meski begitu, pilihan mundur atau pemberhentian juga tetap muncul. Pada petang Senin itu, Jokowi memanggil khusus sejumlah menteri untuk membahas soal Arcandra. Menteri yang pertama kali dipanggil adalah Retno Marsudi. Lalu Yasonna Laoly menyusul dipanggil oleh Presiden. Ketika Retno dan Yasonna masih di dalam Istana Merdeka, mobil Arcandra masuk melalui pintu Wisma Negara. Arcandra tiba di Istana sekitar pukul empat petang. Mobilnya baru terlihat keluar dari Istana seusai magrib.

Pejabat yang tahu rapat itu mengatakan, dalam rapat, Jokowi kurang sreg dengan opsi pengunduran diri karena berarti inisiatif datang dari Arcandra. Presiden memilih opsi pemberhentian secara terhormat karena menunjukkan dia bersikap atas masalah tersebut. Senin malam pekan lalu, Pratikno mengumumkan pemberhentian dengan hormat Arcandra di Istana Negara. ”Menyikapi pertanyaan publik soal Arcandra, dan setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden memutuskan memberhentikan dengan hormat Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *