Categories
Tech

Membuat Recycle Bin ala NET89

Membuat Recycle Bin ala NET89

Tak seperti platform Windows atau Mac OS pada PC atau notebook, sistem operasi Android tidak memiliki aplikasi Recycle Bin. Jadi, apabila Anda salah menghapus file, Anda harus merelakan file tersebut hilang selamanya. Anda tak bisa membatalkannya. Cara mencegahnya yaitu dengan membuat Recycle Bin seperti pada PC, sehingga apabila ada file yang tak sengaja terhapus, Anda masih memiliki backupnya yang tersimpan di dalam Recycle Bin tadi. Pertama, Anda membutuhkan bantuan aplikasi 3rd party atau pihak ketiga bernama Dumpster – Recycle Bin yang bisa di-download secara gratis di Google Play.

Setelah selesai men-download dan meng-install, Anda akan diminta untuk memilih jenis file apa saja yang hendak di-backup. Ada kategori gambar, musik, video, dokumen, dan jenis file lainnya. Selanjutnya, Anda bisa langsung mencoba untuk menghapus file yang sudah Anda backup tadi. Anda bisa menghapus file melalui aplikasi file manager. Setelah berhasil menghapus file, buka kembali aplikasi Dumpster – Recycle Bin, lalu lihat isi di dalamnya. Seharusnya, kini sudah ada file yang baru saja Anda hapus. Jika ingin mengembalikan file tersebut, klik tombol download. Bila ingin menghapus atau mengosongkan isi Dumpster, pilih menu Empty Dumpster.

Mengoptimalkan Konfigurasi Google Play Store

Apabila Anda sering men-download atau membeli banyak aplikasi dari Google Play Store, namun tidak ingin menampilkan riwayat pencarian, Anda bisa gunakan cara ini. Buka Google Play Store di smartphone, lalu pilih menu Settings. Di dalamnya, Anda akan menemukan menu clear search history. Setelahnya, riwayat pencarian aplikasi yang sudah Anda lakukan sebelumnya tak akan terlihat lagi.

Selanjutnya, Anda bisa meningkatkan keamanan pada Google Play Store, terutama bagi Anda yang sering melakukan pembelian aplikasi. Anda bisa atur waktu seberapa sering Google akan meminta Anda untuk memasukkan passowrd setiap kali membeli aplikasi. Yang tak kalah penting, aktifkan content filtering sehingga Anda tak bisa membeli sembarang aplikasi di Google Play Store. Hal ini sangat berguna ketika perangkat dipegang oleh anak-anak.

Sumber : net89.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *