Categories
Pendidikan

Intip Ini Syarat dan Cara Mengajukan Visa Jerman

Jika anda ingin pergi ke sebuah negara. Maka wajib bagi anda wajib minimal menguasai bahasa negara tersebut contohnya saja jika Anda ingin pergi ke Jerman maka untuk menguasai bahasa Jerman wajib mengikuti kursus.

Selain itu ada hal yang tak kalah penting lainnya yaitu untuk membuat visa atau biasa disebut dengan masa izin tinggal. Visa sendiri terbagi atas beberapa jenis.

Ada visa yang digunakan untuk kunjungan wisata, ada juga visa untuk kunjungan bisnis, ada visa tinggal untuk pelajar, visa tinggal untuk bekerja dan ada juga visa untuk transit.

Tiap tiap bagian jenis visa ini syarat dan prosedur pengurusannya jelas berbeda. Anda harus mencermati syarat-syarat utama dan juga prosedur pengurusannya agar tidak mengulang-ulang, seperti yang dikutip Educraft.id

Beberapa negara biasanya memudahkan beberapa visa jenis tertentu, misal visa jenis wisata dan bisnis. Karena banyak mendatangkan keuntungan devisa bagi negara yang akan kita kunjungi.

Karena biasanya kita seperti membuang uang ke negara tujuan. Dibandingkan dengan visa kerja yang tentunya akan mempersempit lapangan kerja bagi orang lokal. Tetapi ada juga negara yang membuka lebar visa kerja seperti australia dan kanada. Tetapi ada juga yang memperketat, semisal seperti singapura dan inggris. 

Beberapa negara yang meratifikasi konvensi pengungsi. Biasanya juga menerbitkan surat ijin tinggal (visa sementara) yang berlaku hanya beberapa bulan saja. Kemudian harus diperpanjang secara manual.

 

Apa bedanya visa dengan paspor?

Jika visa adalah izin tinggal yang diterbitkan kedutaan besar negara yang akan kita tuju. Maka passport adalah tanda pengenal kita sebagai warga negara indonesia yang diterbitkan Kementerian Hukum dan HAM.

Paspor ini berlaku layaknya KTP kita di luar negeri. Anda harus menjaga baik-baik. Karena jika kehilangan di luar negeri, kedutaan besar atau konsulat jenderal indonesia hanya bisa menerbitkan surat perjalanan laksana paspor untuk anda balik ke Indonesia. Dan di indonesia anda harus mengurus kembali. 

Beberapa negara dengan visa tinggal yang lumayan ketat biasanya adalah negara eropa. Jerman adalah salah satunya. Tetapi seiring dengan kebijakan terbuka kanselir jerman angela merkel.

Syarat Cara Mengajukan Visa Jerman

 

Aplikasi visa kerja, belajar dan bahkan wisata semakin dipermudah jika anda ingin ke jerman. Jika anda ingin mengurus visa ke jerman. Perhatikan beberapa hal ini yang mungkin saja bisa anda lewatkan. 

Pertama, Jerman adalah negara-negara anggota uni eropa. Sejak penggabungan anggota uni eropa ini.

Seluruh negara uni eropa menggunakan single visa bernama visa schengen (kecuali Inggris yang sudah memulai proses British exit, atau proses keluar dari uni eropa). pengajuan visa schengen ini dilakukan dengan mengajukan ke salah satu kedubes negara eropa di Jakarta.

Atau lebih baik adalah salah satu negara tujuan kedatangan pertama anda ke eropa. Semisal anda mau keliling eropa. Tetapi dimulai dari negara jerman. Maka lebih baik mengajukan visa schengen ke kedutaan besar jerman di jakarta. Kabarnya pengajuan visa schengen jerman di kedutaan besar jakarta agak mudah. 

Kedua, pengajuan visa jerman tergantung jenisnya juga mengikuti prosedur dan syarat yang berbeda-beda. Baca aturan lengkapnya di website kedutaan besar jerman di jakarta. Sebagai gambaran umum, jika anda mengajukan visa studi atau belajar.

Maka, anda akan diminta letter of acceptance dari kampus tujuan, atau surat keterangan diterima dalam bentuk lain.

Selain itu juga diminta surat jaminan sponsor atau donatur. Seperti lembaga beasiswa, lembaga pemerintah yang mengirim. Atau jika anda secara mandiri kuliahnya.

Biasanya dilampirkan rekening koran dengan jumlah uang sekitar berapa ratus juta. Jika pengajuan visa bisnis, maka anda tinggal mengikuti pengajuannya dengan surat tugas dari perusahaan anda. Kemudian jika di Jerman ada penjamin bisa juga disertakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *