Categories
Tech

Mengenal Pengertian Iklan dan Tujuan Iklan

Apakah kalian pernah melihat banyak iklan di TV yang menampilkan berbagai macam info yang menarik dan terkadang menggoda iman kalian untuk membeli produk tersebut?

Pengertian Iklan

Iklan adalah sangat menyangkut dengan kegiatan komunikasi kita sehari-hari sebagai contohnya iklan termasuk dalam salah satu bentuk komunikasi yang dimana komunikasi dapat diartikan sebagai komunikasi yang berjalan dengan baik apabila saat pengiriman pesan yang berlangsung dari si komunikator (Pengirim Pesan) dengan si komunikan (penerima pesan).

Komunikasi dapat dikatakan berjalan dengan baik apabila komunikasi yang disampaikan oleh komunikator menimbulkan proses komunikasi dua arah yang sangat berguna agar nantinya komunikan memiliki pemahaman yang sama dengan komunikator. Komunikasi bisa terjadi dalam beberapa konteks diantaranya adalah konteks komunikasi pemasaran dengan tujuan diantaranya adalah menghasilkan sebuah informasi yang lengkap.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Chat PUBG

Dan mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat, bersifat mempersuasi atau ajakan, dan mengingatkan para konsumen tentang adanya produk atau jasa yang sedang dipromosikan tersebut. Komunikasi tersebut dapat terjalin secara langsung atau pun secara tidak langsung.

Di dalam komunikasi pemasaran tentu terdapat hal yang sangat penting untuk menjadi perhatian yaitu bauran komunikasi pemasaran yang perannya sangat penting dikarenakan hal tersebut dapat mendorong atau men-stimulus para masyarakat agar bentuk efektifitas dan tentunya efisiensi dari komunikasi pemasaran tersebut.

Hal tersebut adalah salah satu strategi marketing suatu perusahaan agar menarik minat banyak orang untuk membeli, menggunakan, bahkan memberikan testimoni dari produk tersebut kepada orang lain agar orang lain juga membeli / menggunakan barang dari iklan yang sudah dibuat tersebut.

Tujuan  Iklan

Tujuan iklan itu sendiri adalah salah satu bentuk dari perusahaan agar dapat mendorong kelompok masyarakat untuk bisa membeli atau menggunakan produk atau jasa yang sudah disediakan oleh suatu instansi atau perusahaan.

Media tersebut dapat berupa media elektronik, media cetak ataupun media lainnya yang memungkin kan khalayak yang akan dicapai banyak. Semakin banyak khalayak yang tertarik untuk membeli/menggunakan produk tersebut maka semakin kelihatan pula keberhasilan dari iklan itu sendiri.

Tentu saja iklan bukan hanya bertujuan untuk memenuhi marketing suatu produk selain itu iklan dapat bertujuan untuk mempersuasi pemikiran seseorang untuk dapat mengikuti apa yang mereka mau atau mereka tuju.

Contohnya tidak hanya iklan produk namun, iklan juga bisa berbentuk seperti infografis tentang iklan layanan masyarakat. Mungkin kalian sering melihat bahwa banyak di channel-channel televisi saat ini yang menampilkan beberapa iklan layanan masyarakat tentunya berguna bagi kehidupan bermasyarakat nantinya.

Tentu informasi tersebut sangat berguna bagi beberapa orang termasuk bagi orang tua yang tidak mengetahui sebelumnya apa itu pentingnya mencegah penyakit campak dan rubella ini. Para orang tua juga dihimbau untuk membawa anaknya untuk melakukan proses imunisasi agar nantinya anak tidak tertular oleh penyakit campak dan rubella.

Pengertian Iklan lainnya yaitu beberapa informasi yang dibuat oleh instansi / sebuah perusahaan dengan didalamnya terdapat informasi yang menarik dan membujuk yang ditujkan kepada masyarakat luas.

Terdapat bentuk dari sebuah pengertian iklan yaitu yang berupa audio visual yang biasa kita kenal dengan iklan yang banyak beredar di televisi atau pun di platform sosial media kita, audio visual ini bersifat non personal yaitu informasi yang ditujukan tidak hanya untuk satu orang namun general atau umum dan sangat terbuka bagi siapapun target dari iklan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *