Categories
Pendidikan

Mengenal Pengertian Manajemen dan Karakternya

Setiap bisnis, organisasi, politik hingga budaya selalu melibatkan manajemen di dalamnya. Manajemen digunakan secara universal, di mana akan membentuk dan mengarahkan pada tujuan tertentu. Tak heran ada begitu banyak bidang ilmu manajemen yang dipelajari di perguruan tinggi.

Aktivitas manajemen adalah sesuatu yang mengarahkan pada sebuah tujuan. Selama proses bekerjanya melibatkan banyak faktor. Sebuah tanggung jawab dari manajemen untuk menciptakan kondisi yang kondusif untuk memaksimalkan usaha banyak orang. Supaya setiap orang dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Baca Juga: Cara Membuat Visa Jerman dan Syaratnya

Manajemen yang baik artinya menjadikan pekerjaan efektif serta efisien. Menjadi efisien artinya mengerjakan tugas secara benar dengan mengurangi sumber daya yang tidak efektif. Untuk mengetahui pengertian manajemen secara keseluruhan, bisa dilihat dari pengertiannya menurut para ahli.

Banyak ahli yang menerjemahkan tentang manajemen secara umum. Seperti George Robert Terry, Lawrence A. Appley hingga Frederick Winslow Taylor.

 

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

 

Apabila diterjemahkan secara etimologi, manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu management. Artinya adalah seni untuk mengatur serta melaksanakan. Jadi manajemen merupakan sebuah seni di mana memiliki keindahan yaitu rapi, teratur dan terstruktur.

Sedangkan apa itu manajemen menurut para ahli berbeda. Mereka mendefinisikan manajemen sebagai berikut ini.

  1. George Robert Terry

Manajemen menurut George R. Terry adalah proses dari tindakan, baik itu rencana, organisasi, menggerakan serta mengawasi. Semua ini dilakukan supaya target yang telah ditetapkan dapat dicapai. Untuk itu dimanfaatkanlah berbagai sumber daya, seperti sumber daya manusia (SDM).

  1. Lawrence A. Appley

Arti manajemen menurut Lawrence A. Appley merupakan proses merencanakan, mengorganisasi dan menggunakan sumber daya dalam organisasi. Tujuannya adalah mencapai apa yang diinginkan oleh organisasi tersebut.

  1. Ricky W. Griffin

Pengertian manajemen menurut Ricky W. Griffin adalah proses dalam merencanakan, koordinasi, kontrol dan organisasi pada sumber daya yang ada. Tujuannya adalah supaya efektif dan efisien.

  1. Frederick Winslow Taylor

Berbeda lagi menurut Frederick Winslow Taylor, manajemen adalah percobaan yang dijalani dengan benar untuk menghadapi semua masalah yang muncul. Masalah bisa berasal dari kepemimpinan, sistem kerja sama serta penggunaan alat perumusan.

  1. Marry Parker Foller

Menurut Marry, manajemen merupakan bagian dari suatu seni, di mana setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan orang lain atau bersama-sama.

Karakter yang Ada dalam Manajemen

Manajemen Dilakukan dengan Usaha Bersama

Setiap usaha atau organisasi membutuhkan usaha untuk mencapai tujuan. Tujuan akan lebih mudah dicapai bersama dengan kelompok dibandingkan hanya satu orang saja. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha bersama untuk manajemen lebih efektif.

Manajemen Memiliki Tujuan yang Kuat

Di mana ada manajemen selalu ada tujuan. Manajemen berkaitan dengan pencapaian sesuatu yang pasti dan dinyatakan sebagai tujuan.

Berhasilnya manajemen akan diukur sejauh manakah tujuan telah dicapai. Karena itu, manajemen diciptakan sebagai cara efektif dalam menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *