Categories
Pendidikan

Jurusan Ausbildung di Jerman yang Terbuka untuk Orang Indonesia

Berencana bekerja sambil belajar di Jerman? Kamu cukup mengikuti program Ausbildung di Jerman. Program ini bukan hanya diikuti oleh pelajar-pelajar di Jerman saja, tetapi juga dari negara lain. Karena terbukanya program ini, kamu yang tinggal di Indonesia bisa mengikutinya. 

Siapa saja yang berumur 18 hingga 35 tahun, baik yang baru lulus SMA atau sudah bekerja bisa mendaftarkan diri. Ada lebih dari 350 jurusan yang bisa dipilih, tapi ada jurusan yang sulit dan mudah untuk diikuti. Semua jurusan terbuka bagi siapa saja, tapi biasanya pemerintah Jerman akan mengutamakan penduduknya terlebih dahulu. Sisanya baru bisa diikuti oleh orang dari negara lainnya. 

 

Jurusan Ausbildung yang Bisa Dipilih

Walaupun jurusan yang bisa dipilih adalah sisa yang belum diisi, bukan berarti tidak menarik. Kebanyakan jurusan ausbildung ini justru lebih umum dan nantinya ilmu yang didapat tidak hanya bisa dipraktekkan di negara Jerman saja. Setelah lulus, kamu bisa menggunakan ijazah ausbildung untuk melamar kerja di negara manapun. 

Kira-kira apa saja jurusan yang bisa dipilih oleh orang Indonesia? Berikut ini jurusan yang bisa kamu pilih. 

 

Manajer Hotel

Jurusan ini disebut dengan Ausbildung Zum HotelFachmann. Jika memilih jurusan ini, nanti setelah lulus kamu bisa menjadi seorang manajer hotel atau tenaga ahli di bidang industri perhotelan. Peluang kerjanya juga sangat tinggi, karena hotel selalu ada di setiap negara. Selain itu, selama mengikuti ausbildung jurusan ini kamu akan mendapatkan gaji per bulannya mulai dari 850 euro. 

Ada banyak materi yang akan dipelajari seperti seperti housekeeping, materi tentang restoran dari persiapan makanan hingga menjamu tamu, resepsionis dan akuntansi serta administrasi hotel. 

 

Koki

Memilih jurusan Koch, dimana nantinya setelah lulus kamu bisa bekerja di restoran hotel, restoran atau membuka restoran sendiri. Sama seperti manajer hotel, koki juga menjadi jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan dimanapun. Selama belajar di jurusan ini, kamu akan mendapatkan gaji mulai dari 800 euro per bulannya. 

Adapun materi yang nantinya dipelajari adalah mengenai dapur seperti menyiapkan peralatan dan bahan makanan, menjaga kebersihan dapur, dan menyajikan makanan dengan menarik. Pada akhir semester, kamu juga akan belajar untuk menentukan menu hidangan. 

Ahli Restoran

Jurusan ini hampir mirip dengan manajer hotel, hanya saja fokus pekerjaan adalah restoran. Sebuah restoran tak dapat berjalan dengan baik tanpa seorang yang ahli. Seorang yang memilih jurusan ini akan mendapatkan gaji perbulannya mulai dari 800 euro. Jumlah ini akan bertambah di tahun kedua dan ketiga ketika kamu belajar. 

Selama belajar menjadi restaurantfachfrau/ frau ini, materi yang diajarkan mulai dari dasar. Misalnya bagaimana cara menata gelas di meja tamu, penyambutan tamu, cara merekomendasikan hidangan, menjelaskan jenis bahan dalam hidangan hingga mempersiapkan acara yang hendak dibuat di restoran. 

Mekatronika

Salah satu jurusan teknik yang bisa kamu pilih dan juga memiliki peluang kerja besar, karena pada dasarnya jurusan ini bisa masuk ke perusahaan manapun. Setelah lulus kamu bisa menjadi seorang ahli dalam bidang mekanika dan elektronik serta ilmu komputer. Gaji yang didapatkan setiap bulan mulai dari 850 euro. 

Selama mengikuti program ausbildung ini, kamu akan belajar tentang kelistrikan dan mesin. Materi berhubungan dengan bagaimana sistem listrik dan mesin bekerja, cara membongkar pasang hingga memperbaiki apabila terjadi kerusakan. 

Keperawatan

Bidang ini juga sering ditemukan di Indonesia, namun untuk menjadi perawat kamu harus mengeluarkan banyak uang. Namun bagaimana jika kamu bisa belajar di ausbildung dan langsung praktek ilmunya tanpa biaya banyak dan lama. Bahkan kamu juga akan digaji mulai dari 1000 euro per bulannya. Jurusan ini adalah yang paling menjanjikan dan menawarkan gaji lebih tinggi. 

Karena gaji yang lebih tinggi maka tanggung jawab yang diberikan juga cukup besar. Selama belajar dan bekerja kamu akan mendalami tentang tubuh manusia, bagaimana cara merawatnya dan administrasi. Setelah lulus kamu bisa bekerja di rumah sakit atau di klinik bahkan menjadi perawat pribadi lansia di manapun. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *