Categories
Tech

Mengenal Pengertian Podcast Disini

Podcast adalah suatu rekaman berupa audio atau suara dari satu orang ataupun lebih, di dalam podcast tersebut juga biasanya merekam sebuah percakapan, ataupun sebuah monolog, yang mempunyai topik tertentu dan di dalamnya membahas satu episode podcast, ataupun banyak episode lainnya.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa itu podcast, podcast juga dapat diibaratkan sebagai blog pribadi yang digunakan oleh para blogger untuk bercerita, dan berekspresi apapun yang mereka inginkan, podcast memiliki fungsi yang sama, namun bentuk podcast tersebut bukanlah berbentuk tulisan melainkan sebuah suara pribadi dari si pencerita, yang ingin mereka bagikan kepada orang lainnya.

Baca Juga: Jurusan Ausbildung di Jerman

Untuk mengakses podcast itu sendiri kalian juga bisa menggunakan Spotify, Apple Podcast, Google podcast, Anchor, Soundcloud, dan masih banyak aplikasi lainnya yang dapat kalian manfaatkan untuk mendengarkan, ataupun membuat rekaman audio berupa podcast.

Podcast telah menjadi salah satu daya tarik bagi sebagian besar para pengguna di beberapa aplikasi contohnya Spotify. Sebelum spotify mengeluarkan fitur berupa podcast, maka banyak para podcaster yang menggunakan Soundcloud untuk menciptakan suatu podcast mengenai pribadinya sendiri.

Mengapa podcast sangat diminati oleh sebagian besar orang yang diantaranya adalah para anak muda jaman sekarang? Jawabannya adalah karena podcast itu sendiri memiliki tingkat fleksibilitas saat kalian menikmati konten yang disediakan, selain itu para podcaster biasanya sangat bebas dalam menyampaikan semua ekspresi mereka di dalam podcast yang sudah dibuat.

“Kok seperti radio ya?”, beberapa dari kalian mungkin memang menyadari hal tersebut, dan memang benar podcast itu sendiri hampir mirip dengan radio yang menyampaikan suatu informasi melalui sebuah rekaman audio atau suara. Namun, arti podcast itu sendiri adalah audio visual modern yang mempunyai peran yang sama seperti radio, namun di dalam podcast itu sendiri lebih menekankan penyampaian informasi satu orang kebanyak orang lainnya.

Dengan mendengarkan podcast kalian hanya tinggal menyiapkan handphone yang sudah terinstall oleh salah satu aplikasi yang mendukung fitur podcast, jaringan yang mendukung, dan headphone apabila kalian ingin fokus untuk mendengarkan podcast tersebut.

Dengan adanya podcast ini kalian dapat mendengarkan dimanapun, dan kapanpun selain itu kalian juga bisa mengulang kembali seperti halnya saat sedang memutar musik. Dengan mendengarkan podcast kalian dapat melakukan hal lainnya, seperti memasak, sambil membaca buku, ataupun saat sedang menyetir.

Tidak seperti radio yang hanya dapat kita putar sekali, dan tidak bisa berulang-ulang kali, selain itu radio juga lebih fokus untuk memutar musik bukan memutar sebuah percakapan dengan durasi yang lama.

Dengan adanya podcast kita dapat mendengarkan audio visual milik siapa saja, dan dapat menyesuaikan dengan kemauan kita, tidak seperti radio kita tidak bisa memilih apa saja channel yang akan kita dengarkan.

Misalnya saat ini di podcast terdapat info menarik seputar sepak bola, maka kalian bisa beralih ke akun Box 2 Box Podcast yang menyajikan berbagai macam informasi yang menarik, dan memberikan asupan informasi dunia sepak bola secara up to date.

Atau kalian ingin menantang keberanian kalian untuk mendengarkan cerita-cerita misteri, kalian dapat mengunjungi podcast Do You See What I See, dan banyak podcast lainnya yang akan menghibur kalian.

Kalian termotivasi untuk membuat podcast sendiri, mempunyai followers yang banyak, dan memotivasi orang lain juga untuk membuat sebuah podcast? Tentu saja kalian dapat membuat suatu podcast yang menarik, dan memulai dengan merekam suara dan langsung kalian upload di Soundcloud ataupun Anchor. Di aplikasi ini mempunyai fitur yang mendukung kita untuk langsung mengunggah rekaman audio yang telah kita buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *