Categories
Parenting

Seputar Puasa Dan Gizi Bag2

¦ Adakah tip khusus mengenai cara memasak (digoreng, direbus)? Cara memasak yang sehat adalah dengan dikukus, terutama pada saat sahur supaya tidak memberatkan kerja lambung. Selain itu, makanan yang digoreng membuat kita lebih cepat merasakan haus. Saat menggoreng selalu menggunakan minyak goreng yang baru, karena minyak goreng yang sudah mengalami beberapa kali pemanasan bersifat karsinogenik yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

¦ Bagaimana mengatur jadwal olahraga agar tidak dehidrasi? Olahraga yang tepat saat berpuasa adalah aktivitas gerak tubuh yang sesuai dengan kondisi saat berpuasa, bisa berupa jalan kaki santai dan relaks yang dilakukan kurang lebih 30 menit. Hal ini berkaitan dengan pengeluaran keringat yang dapat menimbulkan dehidrasi. Bisa juga bulu tangkis ringan 1—2 set. Sebaik nya dilakukan satu jam sebelum berbuka atau 2 jam setelah berbuka puasa. ¦ Bagaimana mengatur jadwal tidur, berkegiatan, dan beribadah agar tidak cepat merasa letih dan lesu? Sebaiknya tidak tidur setelah makan sahur supaya tidak merasa lemas paginya.

¦ Bagaimana agar puasa bisa mendukung program diet penurunan berat badan? Agar program diet bisa tetap berlangsung sebaiknya tidak makan berle bihan, karena biasanya orang cenderung makan berlebihan setelah buka puasa, banyak camilan gorengan, manis, dan berlemak.

Tip Berpuasa Bagi Pasien Diabetes Melitus

Berikut ini sejumlah tip dari dr. Untung Sudo mo, SpPD, KGEH, Spesialis Penyakit Dalam di RS Meilia Cibubur: ? Dua-tiga bulan menjelang Ramadan, gula darah harus sudah terkontrol. Dokter akan menurunkan obat DM ¾ dosis harian pra Ramadan. ? Minum pada waktu buka 30-50 cc/kg berat badan bertahap (jangan sekaligus). Konsumsi makanan ringan/jangan terlalu banyak/jangan terlalu manis, karena akan membebani kelenjar pankreas (produsen insulin) bekerja berlebihan. Buah segar lebih baik untuk pembuka dibanding dengan se mangkuk kolak.

? Makan sahur harus menjadi kewajiban. Laku kan hal ini mendekati waktu imsak. ? Pantau gula darah waktu puasa dan 2-3 jam setelah makan dan minum obat. Laku kan hal tersebut terutama pada hari-hari per tama puasa. ? Waspadai tanda-tanda hipo (kadar gula darah terlalu rendah) yang biasanya terjadi sore hari menjelang buka puasa.

Dikatakan hipo bila: ? Kadar gula darah kurang dari 60 mg/dl mes ki tanpa gejala. ? Kadar gula darah kurang dari 80 mg/dl de ngan gejala: gelisah/gemetar/berdebar; li dah/bibir kesemutan; penglihatan ganda/ kabur; bingung. Bila berlanjut bisa kejang kejang. Bila mengalami hipo: Batalkan puasa, segera minum air gula (bu kan gula diet) sampai keadaan pulih. Hubungi dokter.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *