Categories
Parenting

Mendukung Pembentukan Organ

Di tiga bulan pertama kehamilan berlangsung pembentukan cikal bakal organ vital janin, seperti: otak, jantung, sistem saraf, dan rangka tubuh. Agar kandungan Mama senantiasa sehat dan janin bertumbuh dengan normal, diperlukan asupan nutrisi yang cukup, selain tentunya cara berpikir yang positif dan pola hidup sehat sepanjang kehamilan. Pada pemeriksaan kehamilan pertama, biasanya dokter akan meresepkan suplemen berupa vitamin dan mineral untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Suplemen ini sebenarnya bersifat sebagaipelengkap dari asupan gizi yang sudah didapat mamil dari makanan sehari-hari. Mengapa mamil perlu mengonsumsi suplemen? Karena, asupan gizi yang didapat dari konsumsi makanan harian biasanya tidak mampu mencukupi kebutuhan nutrisi Mama yang meningkat semasa hamil dan akan diserap oleh janin. Sementara, beberapa penelitian menyebutkan, kekurangan asupan sejumlah vitamin dan mineral penting di saat hamil dapat memperbesar risiko terjadinya keracunan kehamilan (preeklamsia dan eklamsia), kelainan kongenital, berat lahir bayi rendah, serta meningkatnya kemungkinan melahirkan secara sesar.

Bolehkah Beli Sendiri?

Pada umumnya, semua vitamin yang dibutuhkan mamil dijual bebas dan mudah dibeli di berbagai toko dan apotek. Namun, Ashlesha Dayal, MD, profesor bidang obstetri danginekologi serta kesehatan perempuan di Montefi ore Medical Center di Bronx, New York, menganjurkan mamil untuk mengonsumsi vitamin sesuai resep dari dokter. Mengapa? Ini alasannya, Ma: • 9itamin yang diMual bebas tidak semuanya dikhususkan untuk mamil sehingga takarannya bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan harian mamil (terlalu banyak atau terlalu sedikit).

  • 7erkadang, satu Menis Yitamin digabungkan dengan vitaminjenis lain (multivitamin) yang bisa jadi tidak terlalu dibutuhkan oleh mamil. • 6ebagian Yitamin memiliki kandungan herbal yang belum tentu aman bagi janin. Vitamin yang diresepkan oleh dokter obgin biasanya sudah memiliki takaran yang pas untuk dikonsumsi harian oleh mamil. Dengan begitu, kita tidak perlu repot-repot lagi menghitung-hitung dosis aman konsumsi suplemen sebagaimana jika membelinya sendiri di toko atau apotek. Jadi, Ma, ingat selalu, ya untuk meminta resep pada dokter bila Mama merasa membutuhkan suplemen vitamin tertentu.

Sumber : https://eduvita.org/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *