Categories
Parenting

Bantu Batita Mengembangkan Motoriknya

Si kecil dianugerahi energi yang melimpah ruah. Dia punya keinginan kuat, bahkan meluap-luap, untuk bergerak berkeliling, menyentuh dan mengambil benda-benda, serta mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Yuk, kita dukung eksplorasinya. “Anak-anak pada umumnya akan mengembangkan keterampilan fisik dalam urutan yang tidak dapat diprediksi. Tapi ada enam area dimana semua batita akan melakukannya, dan kita orangtua wajib mengetahui serta mendorongnya untuk mengeksplorasi,” demikian ujar Andrew Adesman, dokter anak dari rumah sakit Cedar Sinai di California dalam sebuah talkshow di CNN News-Health.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

Seperti halnya bayi yang berguling sebelum ia akan merangkak, anak-anak batita yang “merambat” mengelilingi ruangan (bergerak dengan berpegangan dari satu benda ke benda lain) sebelum ia akhirnya dapat berjalan mandiri. Dan pada umumnya memanjat sebelum ia bisa melompat dengan kedua kaki. Rentang proses kemajuan anak ketika melewati urutan perkembangan semua itu sangat bervariasi. Meski begitu kita dapat membantu si kecil untuk mendorong perkembangan motorik batita, yang dibagi dalam enam area keterampilan berikut: 1. MENDORONG DAN MENARIK

Pada waktu si kecil belajar berjalan, mainan dorong-tarik adalah mainan sempurna untuknya. Mainan itu mengombinasikan keterampilan yang telah ia kembangkan, yaitu untuk bisa mendorong tubuhnya dari lantai dan untuk menarik dirinya ke posisi berdiri. Dengan keterampilan yang sangat diinginkannya, yaitu menggerakkan tubuhnya ke arah depan.

Mobil-mobilan serta truk mainan yang ukurannnya cukup besar yang bisa didorong ketika ia berdiri adalah pilihan baik. Carilah yang memiliki pegangan tinggi terbuat dari plastik kokoh dan kursi yang bisa diduduki. Mama juga dapat memberikan si kecil berupa kereta belanja plastik atau mainan dorong yang lainnya. Setelah si batita sudah mampu untuk menyeimbangkan diri dan berjalan, berikan ia mainan binatang dengan tali untuk ditarik dan diajak berjalan-jalan. 2. BERGOYANG DAN BERGULING

Setelah si kecil mengetahui bahwa kakinya merupakan bagian tubuh utama untuk bisa bergerak, dia akan senang menggunakan kakinya untuk menjelajahi dunia di sekitarnya. Di tahap usia ini, mainan kendaraan beroda besar adalah pilihan terbaik, dengan pusat gravitasi terletak di bagian bawah sehingga anak akan merasa lebih aman.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *