Categories
Resep

Ikan Lempah Kuning Bumbu Rempah ala Nasi Kotak Jakarta

Ikan Lempah Kuning Bumbu Rempah ala Nasi Kotak JakartaBahan: 4 ekor ikan nila, potong 2 bagian 200 gr nanas, potong potong 3 bh cabai rawit merah 2 btg serai, memarkan 2 cm batang kayumanis 2 btr kapulaga 3 btr cengkih 2 1/2 sdt garam 2 sdt gula pasir 2 sdt air asam jawa, dari 2 sdt asam jawa yang dilarutkan dengan 2 sdt air 1.000 ml air Bumbu Halus: 3 cm kunyit, bakar 1/2 sdt terasi, bakar 6 btr bawang merah 1 siung bawang putih 4 bh cabai merah besar 4 bh cabai rawit merah 5 cm lengkuas

Cara Membuat Untuk 4 porsi: 1. Lumuri ikan dengan 1/4 sdt merica bubuk, 1/2 sdt garam, dan 1/2 sdt air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. 2. Rebus air, bumbu halus dan serai hingga mendidih. Masukkan ikan. Tambahkan kayumanis, kapulaga, dan cengkih. Bubuhi garam dan gula pasir. Aduk rata. 3. Masukkan nanas dan cabai rawit. Tuang air asam. Masak sambil sesekali diaduk hingga bahan matang.

Jenang Khas Yang Legitnya Melegenda

Sebelum meninggalkan kota Blitar, jangan lupa untuk membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga. Salah satu makanan khas kota Blitar adalah jenang. Nah, toko oleh-oleh ternama oemah Jenang Kelapa Sari merupakan salah satu lokasi yang banyak disambangi orang untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Blitar. Berdiri sejak 1985 oleh (Alm.) Haji Nyoto, toko oleh-oleh ini memang sejak awal sudah mengkhususkan diri menjual aneka makanan tradisional khas Jawa, terutama Jawa Timur, seperti jenang, madumongso, wajik ketan, atau wajik kletik.

Di oemah Jenang, Sajiers tak hanya bisa membeli oleh-oleh makanan saja, tapi juga bisa melihat langsung proses pembuatan jenangnya. Jenang buatan oemah Jenang tergolong populer, terbuat dari campuran tepung ketan, gula jawa, santan, dan diberi aroma vanili. Teksturnya lembut, dengan rasa yang manis legit. oleh karena dibuat tanpa bahan pengawet, jenangnya hanya mampu bertahan selama 10 hari saja.

Selain jenang, di sini tersedia pula wajik kletikyang terbuat dari bahan dasar gula kelapa, beras ketan, yang dikemas dengan klobot atau kulit jagung kering. Wajik kletik memiliki rasa manis dengan tekstur beras ketan yang terada di lidah. Masih ada pula madumongso, yang merupakan fermentasi ketan yang dicampuri ragi, sehingga menghasilkan wajik ketan yang lembut dengan aroma yang harum dank khas. Harga jenang maupun aneka wajik di sini dibanderol mulai Rp 25 ribu hingga Rp 40 ribu per kemasan di dalam besek.

Sumber : https://salamacatering.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *