Categories
Parenting

Tahapan Persalinan Normal Bag2

Di fase aktif, frekuensi dan lama kontraksi akan terus meningkat secara bertahap. Jika kontraksi rahim baik, setiap jamnya pembukaan akan bertambah sekitar 1 cm. Kontraksi dianggap baik atau memadai jika terjadi tiga kali atau lebih dalam waktu 10 menit dan masingmasing berlangsung sela ma 40 detik atau lebih. Saat terjadi kontraksi, dari vagina Mama juga akan keluar darah, lendir, serta air ketuban (pembukaan di atas 5 cm). Jika ketuban pecah sebelum pembukaan mencapai 5 cm, dokter akan mengatakan terjadi ketuban pecah dini (KPD).

“ lowongan kerja magang ke Jepang gratis untuk lulusan SMA/SMK “ ~ upstory ~

KALA 2 Tahap ini disebut juga fase pengeluaran bayi. Kala 2 dimulai ketika pembukaan serviks sudah lengkap (10 cm) dan berakhir saat bayi sudah dilahirkan. Dokter atau bidan akan memastikan pembukaan sudah lengkap dengan cara melakukan pemeriksaan dalam atau melihat kepala bayi sudah tampak di vagina. Bila ini kelahiran pertama, proses pengeluaran bayi biasanya berlangsung sekitar 1,5-2 jam. 6ementara, bagi Mama yang sudah pernah melahirkan, kala 2 bisa terMadi dalam hitungan menit hingga dua jam.

Di fase ini, ketuban sudah pecah atau baru pecah spontan. Mama merasakan adanya peningkatan tekanan pada rektum dan vagina, karena posisi janin sudah berada di ujung jalan lahir. Kontraksi terjadi lebih sering, yaitu 3-4 kali tiap 10 menit. 6aat terMadi kontraksi, Mama akan merasakan munculnya dorongan ingin mengejan, tetapi harus ditahan sebelum dokter mengatakan Mama boleh mengejan.

Mama juga akan merasakan sensasi seperti terbakar pada perineum (area antara vagina dan anus), karena jaringannya telah meregang akibat dorongan janin. Dokter akan terus memantau penampakan kepala bayi melalui vagina. Terkadang dokter akan melakukan epi siotomi atau sayatan pada perineum untuk membuka jalan lahir bagi janin agar ia lebih mudah keluar.

Saat sebagian besar kepala bayi sudah terlihat (crowning), dokter akan menyuruh Mama untukw mendorong dengan kekuatan maksimal. Proses mendorong ini biasanya dilakukan beberapa kali sampai tubuh bayi keluar seluruhnya. Selamat, ya, Ma, si kecil sudah lahir! KALA 3 Fase ini terjadi setelah bayi lahir lengkap hingga plasenta keluar seluruhnya. Sekitar dua menit pascapersalinan, dokter akan memotong tali pusat. Sementara itu, proses pengeluaran plasenta sendiri biasanya berlangsung antara lima sampai 30 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *