Categories
Parenting

Main Dimana di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Mau main di luar, takut sakit. Main apa di dalam rumah, ya?  Musim hujan begini, apa boleh buat, Mama Papa harus putar otak mencari permainan dalam rumah yang cukup menantang untuk buah hati. Manfaat bermain di tempat terbuka, biasanya terkait dengan perkembangan motorik kasar, sementara permainan dalam ruangan, lebih banyak bermanfaat untuk mengasah motorik halus.

“ mengenal apa itu ausbildung Jerman dan bagaimana syaratnya kerja di Jerman “

Tentu, keduanya sama-sama harus dipelajari dan dikembangkan oleh si kecil. Selain menstimulasi kreativitas, per mainan dalam ruangan juga memberikan alternatif lain bagi anak untuk belajar berbagai konsep baru seperti tentang warna, bentuk, dan lainnya. Dengan memiliki berbagai macam alternatif aktivitas yang dapat dilakukan di dalam ruangan, batita akan lebih merasa nyaman dan “betah” di rumah. Tentu, bermain di mana pun, yang paling baik adalah berinteraksi dengan mama papanya.

Psikolog Tri Kurniawati Ambarini mengatakan, bermain merupakan media yang baik bagi orangtua dan anak untuk menghabiskan waktu bersama. “Baik bermain indoor ataupun outdoor, akan lebih baik jika didamping oleh orangtua. Keterlibatan kita dalam kegiatan bermain anak akan meningkatkan kelekatan dengan buah hati,” ujarnya. BERMAIN VS DISIPLIN Baik di dalam maupun di luar ruangan, waktu untuk bermain harus disesuaikan dengan waktu yang diperlukan batita untuk melakukan kegiatan lainnya, seperti tidur dan makan.

Meskipun bermain adalah hal yang mengasyikkan bagi batita, kita tetap harus mengajarkan disiplin padanya. Salah satu caranya dengan membagi waktu bermain dan waktu untuk kebutuhan lainnya. Misal, bermain dilakukan setelah makan pagi dan menjelang tidur siang, kemudian dapat dilanjutkan lagi setelah batita bangun tidur dan makan siang.

“Jangan sampai waktu bermain mengambil waktu batita untuk beristirahat atau untuk makan,” tegas Tri. Tri juga menegaskan, lebih baik bermain tidak dilakukan bersamaan dengan waktu makan. “Penting untuk mengajarkan kedisplinan waktu sejak batita, sehingga mudah bagi mereka untuk mengelola kegiatan yang akan dilakukan sejalan dengan pertambahan usia,” ujarnya. AWAS BOSAN! Tantangan lain dalam permainan di dalam ruangan adalah menghindari rasa bosan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *