Categories
Parenting

Makna Di Balik Berat Dan Panjang (Tinggi) Si Kecil

Sudah tepatkah pema- haman kita tentang pertumbuhan anak? Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel tubuh. Sel-sel tubuh yang bertambah menyebabkan peningkatan BB (berat badan), TB (tinggi badan) atau PB (panjang badan, istilah untuk bayi) dan LK (lingkar kepala). Memang, pertumbuhan pada tiap individu bisa saja berbeda, terutama TB yang dipengaruhi variasi genetik kedua orangtua.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Akan tetapi, anak sehat memiliki ciri tumbuh menurut usia dan jenis kelaminnya, yang bisa dilihat dalam grafi k pertumbuhan (growth chart). Jadi, optimal dan oke-tidak nya pertumbuhan bayi, ba lita, dan anak, tak bisa dilihat hanya berdasarkan satu faktor, BB-nya atau PB/ TB-nya saja. Itulah mengapa, anak yang kelihatannya kurus belum tentu pertumbuhannya jelek. Juga, bukan berarti anak yang tampaknya tinggi, pertumbuh annya oke. Hal tersebut diamini oleh Gladys Giovanni Anggasta.

Mama dari Gabriel Jedidiah (8 bulan) yang menuliskan pe ngalamannya di Fans Page nakita. Gladys bercerita kalau ia sempat panik ketika ada yang berkomentar negatif akan tumbuh kembang Gabriel. “Itu terjadi saat Gabriel dibilang kurus. Saya jadi enggak nyaman, seakan saya kurang memberi Gabriel makan dan lalai mengurusnya.” Gladys pun langsung berkonsultasi pada dokter.

Setelah Gabriel menjalani pengukuran BB, TB, LK, ternyata dokter menyatakan Gabriel berada dalam berat badan dan tinggi yang normal, pertumbuhannya pun sehat. Dari pemeriksaan itu, Gladys tersadar bahwa Gabriel tumbuh sehat, bahkan lebih cepat dibandingkan anak-anak sepantarannya yang lebih montok. “Jadi saya harus mengesampingkan stigma bahwa anak bayi harus montok.”

Nah, dari pengalaman Gladys, kita dapat memetik satu pelajaran, bahwa untuk menilai pertumbuhan anak, apalagi bayi/anak tidak bisa dengan kasatmata, namun memerlukan penilaian danpengukura n seperti yang dilakukan dokter pada Gabriel. Tidak susah, kok, melakukannya. Mau bukti? Yuk, simak pemaparannya di bawah ini.

TIGA ELEMEN UTAMA Jadi, untuk menilai pertumbuhan anak, ketiga elemen utama pertumbuhan ini—BB, PB/TB, dan LK—penting diperhatikan. Berikut penjelasannya. ‘ BB ANAK TIDAK BOLEH KURANG, JUGA TIDAK BOLEH BERLEBIH. Untuk dapat menilai BB ideal anak harus dilihat juga PB/ TB-nya, lalu dimasukkan (plot) ke kurva pertumbuhan untuk mengetahui, apakah termasuk dalam kategori kurang, berlebih, atau justru ada dalam rentang batas normal.

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *