Categories
Tech

WWW: Jendela Dunia ala NET89

WWW: Jendela Dunia ala NET89 – Hanya dalam waktu 25 tahun, sebuah tool yang awalnya ditujukan untuk segelintir orang telah menjadi jaringan informasi bernilai miliaran. Beberapa bulan sebelum jatuhnya tembok Berlin padaNovember 1989, Tim Berners Lee memaparkan sebuah ide di hadapan banyak orang tentang World Wide Web. Berners Lee, seorang ilmuwan komputer di CERN, Swiss, berhasil menciptakan sebuah sistem yang dapat menghubungkan data di CERN sehingga dapat diakses semua orang.

Sebuah ide yang masih memiliki sifat awal WWW, yaitu akses informasi untuk semua orang. Awalnya, pada 12 Maret 1989, ia memaparkan sebuah ide menarik untuk bosnya. Ide ini dicetuskan untuk menyempurnakan sebuah sistem yang ada pada saat itu. Sistem ini dikenal dengan nama “Mesh” dan bekerja berdasarkan Arpanet (Internet diawal 80¬≠an) yang menggunakan protokol TCP/IP dan nama domain. Berners Lee mencoba melengkapinya dengan protokol transfer HTTP dan halaman HTML dengan bahasa yang lebih sederhana. Ia menyederhanakan predecessor di sistem, seperti pada proyek Xanadu.

Ia juga membangun sebuah sistem yang sederhana menggunakan hyperlink untuk menghubungkan dokumen web dan memastikan informasinya dapat diakses dari mana saja. Akhirnya, pada 1991, website pertama dengan format WWW muncul di dunia. Website ini diakses menggunakan browser WorldWideWeb (dikembangkan oleh Tim Berners Lee). Karena nama browser dan format website yang sama (WWW), akhirnya browser diubah menjadi Nexus. Sayangnya, browser ini hanya bisa dioperasikan di bawah sistem NeXTstep sehingga tidak bisa mencakup skala yang lebih luas.

Pada tahun 1993, Mosaic menjadi platform browser pertama yang menjangkau khalayak ramai. Akhir 1993, dua juta orang sudah menggunakan Mosaic. Inilah cikal bakal dari Netscape. Tanggal 6 Agustus 1991, Berners Lee membuat proyek WWW yang tersedia secara bebas di seluruh dunia. Ketika proyek ini diterbitkan pada alt.hypertext newsgroup, ia mengesampingkan semua bentuk paten dan lisensi demi kebebasan web. Faktor ini menjadi salah satu alasan mengapa WWW tumbuh begitu pesat. Saat ini, jumlah website di dunia sudah mencapai lebih dari satu miliar (sumber:Internet Live Stat). Website­website ini bahkan sudah dilengkapi dengan video dan forum.

Sumber : https://net89.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *