Categories
Parenting

Kampanye Pentingnya Sarapan

Kebiasaan menyantap ma- kanan atau minuman di pagi hari sangat penting, terlebih lagi bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Asupan ini dapat memenuhi 25% sumber energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari. Sehubungan hal ini, melalui kampanye “Bulan Sarapan Sempurna”, Frisian Flag mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membiasakan sarapan sebelum memulai aktivitas.

Baca juga : Kerja di Jerman

Kampanye ini berlangsung pada 1-31 Maret 2016 dan diharapkan dapat mengubah kebiasaan masyarakat Indo nesia agar membiasakan diri untuk sarapan. Menurut data Persatuan Ahli Gizi Indonesia, hanya 1 dari 10 anak indonesia usia 2-12 tahun yang mempunyai kualitas sarapan dengan kualitas baik. “Berdasarkan analisis data konsumsi pangan Riskesdas tahun 2010, 40% anak-anak di Indonesia tidak sarapan karena berbagai alasan. Hal ini berpotensi mengakibatkan kekurangan gizi, termasuk vitamin dan mineral pada anak.

Membiasakan sarapan dapat memenuhi kecukupan stamina dan menjaga kesehatan, sehingga dapat menyerap pelajaran dan meningkatkan kosentrasi anak di sekolah,” kata Prof. Dr. Hardinsyah MS, selaku Ketua umum PERGIZI PANGAN Indonesia pada acara pembukaan kam panye di Senayan Diving Range, Jakarta. Di kesempatan sama, psikolog Roslina Verauli, MPsi.Psi mengungkapkan, sarapan dapat dijadikan ajang menjalin silaturahmi antarkeluarga.

“Di pa gi hari, saatnya ber kumpul sebelum memulai aktivitas masing-masing. Anak ke sekolah, ayah dan ibu mungkin ke kantor. Di sinilah tempatnya semua anggota keluarga berkumpul dalam satu meja bila makan siang ataupun makan malam tidak memungkinkan.” Hadir juga Spesialis Gizi Klinis Dr. dr. Samuel Oetoro, MS. SpGK yang mengatakan, “Kombinasi sarapan yang baik adalah penentu sumber energi setiap hari. Oleh sebab itu, kombinasinya harus memerhatikan karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Untuk mendapatkan kualitas hidup yang sempurna, anak juga harus mencukupkan tidurnya selama 8-10 jam agar imunitas tubuhnya baik.”

Keluarga Arie Untung dan Fenita Arie mengaku sangat senang bisa terlibat dalam kampanye ini, mengingat kesibukan keduanya terkadang mengakibatkan intensitas pertemuan dengan kedua buah hatinya berkurang. “Tuntutan pekerjaan yang padat, kadang membuat kami tidak sempat menemani anak-anak makan siang ataupun makan malam. Namun saat sarapan kami berupaya untuk sarapan bersama. Buat saya sarapan sangat penting karena menjadi sumber energi sepanjang hari terutama anak-anak,” kata Arie.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *