Categories
Berita

Awas Ini 4 Bahaya Softlens yang Bisa Mengancam Kesehatan Mata

Bahaya Softlens – Sering kali beberapa orang menjatuhkan pilihan memakai softlens dibandingkan kacamata dengan alasan keindahan semata. Selain itu, bagi mereka yang mengalami kelainan pada penglihatan mata.

Softlens dipilih karena alasan praktis, efektif dan juga efisien. Serta murahnya beberapa jenis softlens dibandingkan harga kacamata.

Bahkan, beberapa orang yang memang tidak bermasalah dalam penglihatan. Menggunakan softlens demi fashion dan keindahan mata. Apalagi teknologi-teknologi terbaru telah memproduksi softlens yang bisa berwarna sama dengan warna kornea.

Jika dibandingkan dengan kacamata, softlens memang mempunyai beberapa keunggulan. Selain soal praktis, mudah dan tidak ribet. Sementara kacamata membutuhkan perawatan dan ekstra pengawasan. Resiko terinjak, pecah dan jatuh lebih sering mengintai kacamata ketimbang softlens.

Tetapi, apakah pemakaian softlens tidak menimbulkan bahaya sama sekali? Softlens jika digunakan dengan hati-hati, rajin membersihkan, rutin kontrol juga tidak menjamin penggunanya bebas dari ancaman bahaya. Ibaratnya, memakai softlens seperti memelihara anak anjing.

Jika dipelihara dengan baik akan jinak. Jika dibiarkan dan acuh tak acuh anak anjing yang membesar akan membahayan kita.

Resiko pemakaian softlens telah lama dikenalkan tenaga medis. Tetapi karakter masyarakat kita yang cenderung acuh tak acuh. Lebih melihat sisi manfaat daripada resiko.

Apalagi dengan hadirnya softlens-softlens murah tidak terstandar dengan baik. Serta mudahnya mendapatkan softlens tanpa mengetahui resikonya.

Maka, membeli softlens juga harus memperhitungkan resiko dan manfaatnya. Jangan gadaikan kesehatan mata anda hanya karena sebatas harga murah semata.

Di media sosial telah lama viral korban-korban pemakai softlens. Penyebabnya karena standar softlens yang tidak baik, adanya masalah di dalam mata, hingga karena gaya hidup yang buruk

Reaksi alergi dari mata

Mata memiliki reaksi dalam mendeteksi benda asing yang menempel di mata. Sama seperti ketika ada debu dan benda-benda asing memasuki mata.

Maka mata juga bereaksi dengan hadirnya softlens. Beberapa reaksi alergi ringan adalah mata berwarna merah, kering, dan bahkan gatal. Reaksi bisa menjadi berat jika tidak ditangani dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.