Categories
Pendidikan

Mengenal Iklim dan Musim di Jerman yang Tepat untuk Berwisata

Letak negara Jerman membuatnya memiliki zona iklim sedang sehingga empat musim dapat terjadi disini dengan kelebihannya masing-masing, seperti dikutip dari Studiva.com.

Bencana alam sangat jarang terjadi walaupun cuaca dapat berubah dan matahari yang terik bisa berubah menjadi awan mendung kapan saja. 

Hal ini karena dipengaruhi oleh arus lunak Samudra Atlantik dan massa udara dingin dari Rusia dan Kutub Utara. Suhu merata-merata pada saat musim dingin mencapai 8 derajat Celcius dan musim panas bisa memiliki suhu tertinggi 22 derajat Celcius. 

Saat musim dingin tiba suhu akan jarang turun hingga di bawah 0, khususnya pada separuh pertama musim dibingin. Cuaca mendung dan hujan terus menerus akan terjadi, salju akan turun di pegunungan Alpen sehingga permainan ski akan banyak diselenggarakan.

Di bulan akhir musim dingin suhu akan turun dan di beberapa daerah bis amencapai 15 derajat dibawah nol. 

Musim semi kemudian akan datang dan menggantikan musim salju yang suram. Pada musim semi, salju bisa saja tiba-tiba turun.

Pernah terjadi di kota Mucih dan Bavaria sehingga suhu merata-merata mencapai 9 derajat. Musim panas di Jerman melambangkan zona iklim sedang. Tidak ada suhu yang terlalu panas dan di bulan Agustus suhu mulai mereda. 

Wilayah pantai memiliki suhu yang menghangat di pertengahan bulan September bisa mencapai 26 derajat Celcius. Dan suhu di atas laut tidak pernah lebih dari 17 derajat sehingga angin sejuk bisa dirasakan di pinggiran pantai. Di akhir September suhu akan memulai dingin dan musim gugur termasuk cerah. 

Saat musim gugur tiba hujan masih termasuk jarang turun, namun suhu bisa kurang nyaman. Karena temperatur jarang naik di atas angka 10 derajat. Banyak sekali awan mendung dan beberapa gerimis. 

 

Waktu yang Tepat untuk Berlibur di Jerman

Tidak ada musim turis khusus di Jerman, karena sepanjang tahun cuaca cukup bersahabat bagi wisatawan. Pemilihan waktu untuk berlibur tergantung dengan apa yang ingin dilihat. Jika suka dengan cuaca hangat sebaiknya berkjunging di akhir bulan Mei hingga awal Spetemer. 

Pada saat musim panas, harga pernak pernik akan lebih mahal tetapi banyak festival yang diselenggarakan di berbagai kota pada musim ini. Banyak aktivitas luar yang bisa dilakukan saat musim panas tiba. Namun jika Anda ingin menikmati olahraga ski sebaiknya kunjungi di awal bulan Desember. 

Saat musim dingin tiba, yaitu sebelum masa Prapaskah banyak sekali festival berkostum yang diselenggarakan di jalan-jalan. Perayaan ini akan dilaksanakan sepanjang sungai Rhine.

Selama bulan April banyak festival kostum vampir di sepanjang jalan. Sedangkan di pertengahan bulan Juli Anda bisa mengikuti parade Love in the Heart of Berlin. Dimana ribuan musik terkenal dimainkan oleh pemain musik terbaik di panggung terbuka. 

Selama bulan September Jerman akan mengalami arus wisatawan yang sangat tinggi. Alasannya adalah festival Oktoberfest sedang dimulai hingga akhir bulan Oktober. Festival ini adalah festival bir, dimana turis bisa menikmati rasa bir lokal Jerman yang sangat terkenal. Bahkan pemesanan sudah dimulai sejak musim dingin berakhir. 

Bersamaan dengan Oktoberfest, pameran buku yang terkenal di dunia juga diadakan di Frankfurt. Berlanjut pada bulan Desember di mana musim dingin mencapai puncaknya banyak sekali pasar Natal yang diselenggarakan.

Semua kota akan menggunakan berbagai hiasan Natal dan juga Tahun Baru. Pada bulan inilah banyak orang Kristen dan agama lain di Jerman saling merangkul untuk mengucapkan selamat Natal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.