Categories
Berita

Awas, Ini Efek Samping Minum Bawang Dayak

Bawang dayak merupakan tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Nama bawang dayak sendiri diambil dari nama suku di daerah tanaman ini banyak tumbuh yaitu suku dayak di Kalimantan Tengah.

Meski sebenarnya species tanaman ini berasal dari Amerika. Beberapa masyarakat Indonesia menyebut bawang ini dengan beberapa penamaan, diantaranya bawang sabrang, bawang berlian, bawang tiwal, bawang hantu, bawang lubak, ataupun teki sabrang.

Ciri-Ciri Tanaman Bawang Dayak

Bawang dayak memiliki daun berbentuk pita berwarna hijau, bagian umbinya berbentuk sebagaimana bawang berwarna merah, dan bunganya berwarna putih.Sekilas bawang dayak memiliki kemiripan bentuk dengan bawang pada umumnya.

Tetapi setelah dilihat dengan seksama, ternyata bawang dayak memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri khas bawang dayak adalah memiliki permukaan licin, tidak menimbulkan aroma yang menyengat sehingga tidak membuat mata merah bagi orang yang mengirisnya. Ciri khas lainnya, bawang dayak akan meninggalkan warna merah pada tangan orang yang memegangnya.

Kandungan Dalam Bawang Dayak

Tanaman bawang dayak terutama pada bagian umbinya memiliki kandungan berbagai senyawa fitokimia (senyawa kimia dari tumbuhan) diantaranya alkaloid, fenolik, glikosida, flavanoid, steroid, dan zat tannin.

Senyawa-senyawa tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.alkaloid, flavanoid, dan glikosida memiliki kemampuan sebagai hipoglikemik atau menurunkan kadar glukosa darah, sehingga sangat berperan dalam pengobatan diabetes militus.

Selain itu senyawa alkaloid juga berfungsi sebagai anti mikroba.

Cara Membuat Minuman Dari Bawang Dayak

Ada beberapa cara penyajian bawang dayak yaitu dengan cara diseduh dengan air, dijadikan serbuk, dan dalam bentuk kapsul. Untuk menyajikan dalam bentuk minuman, caranya adalah :

  • Diseduh dengan air

Cara pembuatan yang pertama adalah diseduh dengan air : Pertama-tama siapkan 2-6 butir bawang dayak, kemudian bersihkan, lalu potong akar dan daunnya.

Kemudian rebus dengan api kecil sampai kurang dari 90° C dan minur air rebusan. Perlu diperhatikan agar merebus tidak sampai mendidih, karena senyawa aktif akan rusak jika dipanaskan sampai mendidih.

  • Serbuk

Cara kedua adalah dalam bentuk serbuk : Siapkan beberapa umbi segar, lalu cuci hingga bersih. Kemudian iris tipis setebal kira-kira 3 mm dan keringkan ke dalam oven dengan suhu 40° C .

Setelah kering, angin-anginkan irisan bawang dayak tanpa terkena sinar matahari langsung selama 2-3 hari pada temperatur 28-30° C. Setelah kering, giling irisan tersebut menjadi serbuk. Untuk mengkonsumsinya, kita bisa menyeduhnya dengan air panas yang tidak mendidih.

Manfaat Bawang Dayak Sebagai Obat Herbal

Dalam tanaman tersebut terkandung berbagai senyawa yang dibutuhkan tubuh manusia.

Diantara manfaat bawang dayak bagi kesehatan adalah untuk melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan pernafasan, menguatkan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh,

Menurunkan tekanan darah (hipertensi) dan lain sebagainya. Saat ini banyak orang memanfaatkan bawang dayak sebagai salah satu obat herbal.

Biasanya orang memilih herbal karena diyakini tidak mengandung bahan kimia sehingga minimnya resiko efek samping, sehingga lebih aman.

Tapi benarkah menggunakan bawang dayak sebagai herbal tidak memiliki efek samping sama sekali?

Leave a Reply

Your email address will not be published.