Categories
Pendidikan

Pengertian dan Struktur Tes IELTS

Bagi beberapa orang yang ingin kerja atau kuliah di luar negeri, sudah menjadi kewajiban tes IELTS sebagai syaratnya.  Wajib mengikuti ujian tersebut untuk mengukur tingkatan kemampuan bahasa Inggris kamu. Maksudnya adalah kemampuan seberapa fasih dan mengerti dalam berbicara bahasa Inggris.

” tempat kursus IELTS di Jakarta murah ” – https://avanaeducation.com/

Apa sih pengertian dari tes ini, dan apa saja yang kamu dapatkan dalam mengikuti tes ini? Untuk penjelasan lanjut, silakan lihat di bawah ini.

Mengenai Tes IELTS

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, International English Language Testing System adalah tes kemampuan tingkatan bahasa Inggris per orang. Tes ini biasanya akan menjadi syarat bagi orang yang ingin kerja atau kuliah luar negeri. Khususnya yang negara dengan mayoritas berbahasa Inggris

Tes ini memiliki dua macam. Yaitu General Training dan Academic. Untuk General Training sangat berguna ketika perorang ingin ikut program latihan kerja antarnegara atau memang ingin imigrasi ke luar negeri. Sedangkan Academic, berguna bagi para pelajar yang ingin kuliah luar negeri.

Para pelajar harus mempersiapkan diri untuk bisa memahami dalam menggunakan bahasa Inggris selama masa studi. Untuk mengukur kemampuan kamu, tes ini menggunakan struktur dengan 4 komponen pengukuran bahasa inggris. Yaitu; Listening, reading, writing, speaking.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai struktur ini, silakan lihat penjelasan berikut.

Struktur International English Language Testing System (IELTS)

  1. Listening

Bagian ini para kamu harus mendengarkan rekaman audio yang berisikan percakapan, monolog atau teks. Audio diputar menurut tingkat kesulitan. Menjawab pertanyaan yang biasanya 40 soal dari rekaman yang didengar. Memerlukan waktu selama 30 menit. Jadi dengarkan audio dengan seksama.

  1. Reading

Di sini, kamu akan disuruh membaca teks dan mengisi 40 soal dalam kurun waktu 1 jam. Tingkat teks dan soal disusun menurut tingkat kesulitan. Teks tersebut bisa berupa kutipan dari majalah, surat kabar, buku, maupun situs internet. Bacalah dengan teliti agar tidak ada yang salah.

  1. Writing

Bagian ini kamu harus menulis 2 teks dengan jumlah kata minimal 150 sampai dengan 250. Kedua topik teks harus berbeda. Dalam tes writing academic, kamu harus menulis proses grafik atau tabel. Sedangkan di General Training, kamu akan disuruh menulis surat.

  1. Speaking

Tes ini adalah tes terakhir. Kamu akan ujian secara langsung atau tatap muka. Skor tes ini dinilai dari no 1 sampai no 9. Pengujian akan berlangsung dengan 3 bagian selama 11 sampai 14 menit.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan struktur tes IELTS. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.