Categories
Parenting

Makan Sehat saat Hamil

Makan Sehat saat Hamil – Memang, Mama hamil harus memerhatikan makanan yang dikonsumsinya. Namun, bukan berarti Mama tak boleh berpetualangan mencari tempat makan baru yang enak. Apalagi, aktivitas makan termasuk salah satu alternatif pelepas stres. Asalkan Mama hamil mau memerhatikan hal-hal berikut ini, maka wisata kuliner, selain bisa membuat Mama senang, juga menyehatkan Mama dan janin.

• Pastikan resto/rumah makan yang dikunjungi terjamin kebersihannya, baik dalam pengolahan makanannya maupun perlengkapan masak dan makannya.

• Hindari makanan berbumbu merangsang, semisal pedas dan asam, karena dapat menimbulkan sakit mag dan gangguan pencernaan semisal diare.

• Hindari makanan setengah matang atau malah mentah, semisal sashimi, karena dikhawatirkan mengandung virus/bakteri/parasit yang dapat membahayakan kesehatan Mama dan janin.

• Hindari pula makanan yang dibakar/dipanggang, seperti steak dan satai, karena dikhawatirkan kurang matang.

• Bila ingin mengonsumsi seafood, terutama kerang, pastikan makanan tersebut tidak tercemar logam berat, seperti merkuri. Namun, karena tak mudah untuk mengetahuinya, baiknya hindari saja dahulu selama hamil. Sebagai gantinya, Mama dapat mengonsumsi ikan air tawar yang kandungan gizinya pun tak kalah dengan seafood. Atau, Mama bisa ikan dari laut dalam, seperti salmon dan herring.

• Untuk minuman, baiknya minum air putih saja atau jus buah. Hindari minuman bersoda, apalagi yang mengandung alkohol karena tak baik bagi kesehatan Mama dan tumbuh kembang janin. Bagaimana dengan kopi dan teh? Kandungan kafeinnya dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat sering berkemih, oleh karena itu batasi hanya satu cangkir sehari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *