Categories
Berita

Cara Berlatih Persiapan SAT Secara Mandiri

Bagi kamu yang berencana kuliah ke luar negeri pastinya familier dengan SAT (Scholastic Aptitude Test), bukan? Sebagai salah satu syarat dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, setiap universitas berhak menentukan standar skor minimal tersendiri.

baca juga : rekomendasi tempat kursus SAT di Jakarta

Namun tidak perlu khawatir, kamu dapat mempelajari tes ini secara mandiri. Yuk ikuti cara berlatih di bawah ini untuk persiapan tes kamu sendiri.

1. Mengenali Struktur dan Format Tes SAT secara Menyeluruh

Tes ini memiliki skor keseluruhan 1600 poin dari dua cabang: 800 Mathematic dan 800 Critical Reading dan Writing. Skor minimal tes ini adalah 400 (200 dari setiap cabang), sedangkan skor minimal dari universitas biasanya mencapai 750-800.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui struktur tes terlebih dahulu sebelum menentukan cara berlatih persiapan yang tepat untuk tes ini. Berikut gambaran struktur soal SAT secara terperinci. Berikut rinciannya:

• Reading
Terdapat soal berjumlah 52 dengan durasi 65 menit.

• Writing and Language
Terdapat 44 total soal dengan durasi 35 menit.

• Math
Untuk tes Math (Tanpa Kalkulator) terdapat 20 soal dengan durasi 25 menit sedangkan Math (Dengan Kalkulator) terdapat 38 soal dengan durasi ujian hingga 55 menit.

• Esai (opsional)
Kamu harus membuat esai dan akan diberikan waktu selama 50 menit.
Dari struktur di atas maka bisa disimpulkan jika terdapat 154 total soal dengan durasi ujian keseluruhan mencapai 3 jam 50 menit.

2. Mengenali Isi Tes SAT

Setiap sesi dalam tes ini menguji area kemampuan dan pengetahuan yang berbeda dari kamu sebagai calon mahasiswa. Oleh karenanya kamu perlu mengenali gaya pertanyaan khas dari setiap sesi tertentu.
Dengan mengenali isi tes, kamu dapat menentukan metode belajar terbaik dari setiap sesi tes ini.

3. Menemukan Kelemahan Diri

Dalam setiap ujian, pasti ada sesi tes yang membuat kamu merasa masih kurang mampu untuk mencapai nilai yang diinginkan. Cara terbaik untuk menemukan sesi kelemahanmu adalah dengan melakukan tryout tes online yang memiliki limit waktu di situs-situs gratis.

4. Menyusun Metode Belajar Efektif

Tentukan target skor yang sekiranya dapat kamu raih dengan realistis. Setelahnya atur jadwal belajar secara konsisten setiap minggunya sampai hari tes. Pastikan untuk tidak terlalu memforsir tubuh kamu untuk belajar selama berjam-jam lamanya.

Selain itu, kamu juga dapat memperbanyak jadwal belajar pada sesi yang menjadi kelemahanmu. Namun ini bukan berarti kamu tidak perlu mempelajari sesi yang menjadi kekuatanmu ya. Kamu hanya perlu memastikan porsi yang tepat untuk mempelajari setiap sesi dari tes SAT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.