Categories
Berita

Sambut Natal Dengan Tanaman Putri Salju

Tampilannya berwarna putih bak tertutup salju. Tak heran, jika semua orang menamai tanaman ini dengan nama “putri salju”. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai elemen dalam mempercantik taman atau interior di saat hari Natal. Hari Natal sebentar lagi tiba. Tapi, Anda masih bingung mempercantik rumah demi menyambut Natal di tahun ini? Tak perlu bingung, Anda dapat mempercantik interior atau taman Anda di rumah dengan tanaman Putri Salju, lho!

Baca juga : https://rajawalindo.com/products/jual-genset-bali/

Ya, walau Natal identik dengan pohon Cemara atau Kastuba/poinsettia (Euphorbia pulcherrima), tetapi tanaman Putri Salju pun nyatanya mampu menyemarakkan indahnya Natal di rumah. Tanaman Putri Salju ini termasuk ke dalam jenis tanaman perdu. Tanaman ini memiliki nama latin Senecio cineraria, tapi sebagian taksonom (ahli pengklasifkasian makhluk hidup) menyebutnya Jacobaea maritima.

Sesuai namanya, tanaman ini memiliki permukaan daun berwarna putih bak tertutup salju. Walau di Indonesia tidak mengenal musim salju, tetapi banyak orang yang sengaja menghias rumahnya saat Natal dengan salju-salju buatan. Tak salah, jika Anda memilih tanaman ini sebagai elemen yang mampu menyemarakkan Natal Anda di rumah.

Cocok Di Tempat Panas

Meski daun tanaman ini tampak seperti tertutup salju, bukan berarti tanaman putri salju hanya dapat hidup di tempat dingin. Di daerah asalnya, yaitu kawasan Mediterania, tanaman ini hidup di daerah kering dan bermunculan ketika musim panas tiba. Oleh karena itu, tanaman putri salju bisa hidup dengan baik di kawasan tropis, seperti Indonesia.

Faisal, penyedia tanaman hias Restu Bunda Flora di daerah Parung, Bogor, mengatakan bahwa tanaman putri salju akan tumbuh dengan bagus jika banyak terkena sinar matahari. “Warna putih pada daun putri salju malah bisa hilang jika diletakkan di tempat yang teduh,” kata Faisal. Jika ingin meletakkan tanaman ini di ruangan, Anda harus menaruhnya di dekat jendela. Jangan menaruhnya di ruangan yang gelap, pengap, dan minim sirkulasi udara.

Di negara asalnya, tanaman putri salju bisa berbunga. Bunga tanaman ini berwarna kuning. Namun, di Indonesia sangat jarang ditemui tanaman putri salju yang bunga. Jika berbunga pun cenderung tidak keluar rutin setiap musim bunga (biasa muncul pada musim panas). Penyebab utamanya adalah perbedaan keadaan tanah serta kelembapan udara Indonesia dengan tempat asalnya. Walau begitu, ada tidaknya bunga, tak membuat pesona Putri Salju memudar.

Mudah Perawatannya

Tanaman putri salju termasuk ke dalam kategori tanaman yang mudah perawatannya. Anda cukup melakukan penyiraman teratur satu kali sehari dan memberi pupuk per satu bulan sekali. Ketika melakukan penyiraman, Anda jangan terkejut karena serbuk putih atau “salju” pada bagian daun akan berubah warna. Dari yang tadinya berwarna putih akan berubah menjadi hijau.

Perubahan warna itu kadang membuat orang enggan menyiram daunnya. Ketidakmengertian orang akan sifat alami tanaman ini yang kadang membuat mereka khawatir apakah daun tanaman akan tetap hijau, atau kembali ke warna putih. “Salju” pada daun tersebut sebenarnya akan kembali lagi ketika daun putri salju kembali kering dan terkena sinar matahari.

“Karena takut saljunya hilang, kebanyakan orang hanya menyiram bagian akarnya saja. Padahal, daun putri salju juga butuh air supaya lebih segar,” ucap Faisal. Semoga, dengan tanaman ini Natal Anda bersama keluarga makin semarak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *