Categories
Berita

Pencalonan Presiden dan Wapres Beri Sentimen Positif

JAKARTA — Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pengumuman calon presiden-wakil presiden bisa memberikan kepastian kepada pelaku usaha untuk berinvestasi atau menanamkan modal. “Sekarang sudah jelas. Kalau sudah jelas, semestinya wait and seenya akan lebih berkurang,” ujarnya kemarin. Darmin meyakini pengumuman calon presidenwakil presiden ini tidak terlalu mengejutkan investor karena sudah diperkirakan sehingga tidak ada lagi hal yang perlu dikhawatirkan. “Saya kira orang percaya saja, tidak ada yang aneh, kan? Kalau ada yang aneh, orang mulai ambil langkah-langkah yang tidak positif,” kata dia. Darmin optimistis pelaku usaha akan getol berinvestasi pada tahun politik Pencalonan Presiden dan Wapres Beri Sentimen Positif Selain isu politik, isu ekonomi bakal terus diperhatikan pasar. lantaran pemerintah sudah berupaya memperbaiki iklim berusaha melalui sistem pelayanan terpadu (OSS). Selain kemudahan perizinan, pemerintah memberikan beberapa insentif dengan mudah di satu platform, seperti tax holiday dan tax allowance. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mengatakan kepastian investasi di sektor migas ini juga dijamin pemerintah.

Menurut dia, amat vital untuk memberikan jaminan investasi ke investor di sektor yang paling elite ini karena sektor energi merupakan salah satu komponen utama penting bagi masyarakat. “Apa yang sudah kami putuskan dan kontrak, sudah tanda tangan, itu sudah kepastian,” kata dia. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan, Hoesen, mengatakan, sejak pemilu langsung 2004, tidak pernah ada dampak signifikan terhadap bursa efek. Meski dua hari berturut-turut dua pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo SubiantoSandiaga Uno meresmikan pencalonannya sejak Kamis lalu, IHSG terpantau berfluktuasi normal. Dalam penutupan perdagangan kemarin, IHSG ditutup menguat 0,19 persen di angka 6.077,173 dari penutupan sebelumnya. Adapun pada penutupan Kamis lalu, IHSG hanya melemah 29,6 poin di angka 6.065,2. Rupiah pun berfluktuasi rendah dari 14.439 per dolar Amerika Serikat pada Rabu lalu menjadi 14.437 dalam penutupan perdagangan Jumat kemarin.

Analis Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta, mengatakan adanya salah satu tokoh agama dari para calon presiden dan wakil presiden membuat kekhawatiran kampanye ricuh dengan isu agama bisa sedikit reda. Lebih jauh, ada juga optimisme untuk meningkatkan literasi mengenai ekonomi syariah. “Saya rasa beliau (Ma’ruf Amin) memang sangat kental dengan perkembangan ekonomi syariah dibanding ekonomi konvensional, karena kan bagi beliau manfaatnya lebih besar, tapi untuk edukasi kan memang perlu waktu kepada masyarakat,” kata Nafan Aji. Adapun Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance, Enny Sri Hartati, berharap situasi politik tetap stabil hingga musim kampanye beres tahun depan. Menurut dia, tekanan ekonomi negara justru makin besar saat ini karena masih ada isu global perang dagang Amerika Serikat-Cina. “Pasar kan juga memperhatikan variabel lain,” kata Enny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *