Grace Periods Warning Bagian 2

1. Merupakan syarat tanggung jawab Penang gung atas jaminan asuransi berdasarkan Polis ini, setiap premi terhutang harus sudah dibayar lunas dan secara nyata telah diterima seluruhnya oleh Penanggung, dalam hal: 1.1. jangka waktu pertanggungan 30 (tiga puluh) hari atau lebih, maka pelunasan pembayaran premi harus dilakukan dalam tenggang waktu 14 (empat belas) hari kalender terhitung sejak tanggal mulai berlakunya Polis. “Grace periods (tenggat waktu) di beberapa perusahaan asuransi termasuk di Garda Oto biasanya memang 14 hari.

Jadi sebelum habis asuransinya, kami sudah SMS dan telepon pelanggan apakah mau perpanjangan atau tidak,” jelas Iwan. Ia menambahkan, jika dalam masa tenggang pelanggan tidak membayar, maka asuransi otomatis akan dicabut. Sementara jika terjadi insiden di dalam masa tenggang 14 hari itu, pihak asuransi masih wajib bertanggung jawab. Tentu saja dengan catatan pelanggan harus segera melunasi pembayaran asuransi dan tidak melebihi tenggat 14 hari itu.

Pendekatan berbeda dilakukan pihak asuransi ketika pelanggan baru menyetujui perpanjangan asuransi setelah lewat masa tenggang 14 hari. “Ambil contoh misalnya di hari ke­15 akhirnya pelanggan memperpanjang asuransi, maka kami tetap akan melakukan survei ulang. Soalnya kami tidak tahu menahu manakala terjadi apaapa seperti goresan, kecelakaan, atau lain sebagainya,” tutup Iwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *