Grace Periods Warning

Asuransi mobil umumnya merupakan paket langsung yang didapatkan saat Anda membeli mobil secara kredit. Tidak hanya untuk mobil baru, membeli mobil bekas saat ini juga sudah banyak yang dilengkapi asuransi. Yang menjadi pokok permasalahan justru dari skema pembelian mobil. Asuransi comprehensive (all risk) mutlak diterima bila Anda membeli mobil secara tunai dan hal ini berbeda saat Anda membeli mobil secara kredit. “Kalau beli mobil secara kredit, yang harus diperhatikan sebetulnya adalah perlindungannya dulu, comprehensive atau TLO (Total Lost Only). Terkadang konsumen memilih down payment murah atau angsuran ringan,” ujar Laurentius Iwan Pranoto, Communication & Event Manager PT Asuransi Astra Buana.

Ambil contoh kredit 3 tahun, ada kemungkinan selepas perlindungan comprehensive di tahun pertama, maka perlindungan di tahun kedua dan ketiga biasanya TLO. Akibat ketidaktahuan konsumen, beberapa insiden yang menimpa mobil kerap tidak ter­cover. “Akibatnya kalau spion patah atau terserempet saat kredit mobil memasuki tahun kedua dan ketiga itu tidak bisa diganti karena hanya TLO,” tambah Iwan. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat TLO adalah ganti rugi yang hanya akan diberikan jika mobil mengalami kerusakan total atau di atas 75%.

Kenyataan di atas tentu bisa dihindari ketika konsumen mengganti perpanjangan asuransi mobilnya di tahun kedua dan ketiga dari TLO menjadi comprehensive. Meski tentu saja hal ini harus ditebus dengan kenaikan biaya kredit. Lantas bagaimana aturan yang benar tentang perpanjangan asuransi? Semuanya sudah tertuang jelas di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, Pasal 7 Mengenai Pembayaran Premi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *