Indikator Dashboard Kenali Agar Tidak Sok Tahu

Jika Anda perhatikan, ada banyak komponen di balik kemudi yang menunjukkan berbagai hal kepada Anda. Mulai dari kecepatan, putaran mesin, hingga alarm saat mesin panas bisa Anda ketahui dari sana. Sampai saat ini masih banyak pengguna kendaraan yang tidak begitu mengenal apa itu speedometer, odometer, atau tripmeter yang ada di dashboard. Padahal komponen-komponen ini sudah ada sejak lama.

Baca juga : Net89

Percuma Anda mengendarai sebuah smartcar jika Anda tidak mengetahui komponen-komponen tersebut ditambah beberapa simbol di dalamnya. Jangan sampai Anda sebagai pembaca CHIP terlihat bingung saat ditanya berapa nilai angka yang tertera di odometer atau tripmeter. Melalui rubrik smartcar ini, akan menjelaskan komponen-komponen tersebut dan simbol-simbol yang ada di sekitarnya.

Selain komponen inti yang ada di dashboard, biasanya terdapat juga berbagai macam simbol dari lampu-lampu kecil yang menggambarkan keadaan mesin atau sensor di kendaraan ini. Contohnya saja dari sisi keamanan, yaitu sistem ABS dan ESP. Tanda-tanda dari simbol lampu inilah yang dapat memperingatkan pengemudi tentang keadaan mobil yang dikendarainya. Jadi, ada baiknya pelajari simbol-simbol lampu yang ada di dashboard agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman sehingga saat ditanya oleh teman di sampingnya, Anda benar-benar tahu kondisi mobil terkini.

Dari Pesawat Turun Ke Jalan Raya

Head Up Display (HUD) merupakan teknologi yang awalnya digunakan oleh pesawat-pesawat tempur untuk melihat berbagai informasi dalam sa tu pandangan saja. Namun, kini teknologi ini merambah juga di dunia automobil. Fungsi utamanya tetap sama, yaitu menampilkan informasi di kaca depan kendaraan Anda, mulai dari kecepatan, jarak dengan kendaraan di depannya, hingga penunjuk arah dari perangkat GPS.

Ada banyak produk Head Up Display di dunia automobil yang ada saat ini, baik yang dibawa langsung oleh kendaraannya maupun aftermarket yang bisa dipasang di kendaraan apa saja. Namun, secara umum, teknologi ini menggunakan tiga komponen utama, yaitu Projector, Combiner, dan Video Generation Computer. Projector Unit merupakan gabungan dari beberapa lensa yang di setting dengan posisi tertentu guna memproyeksikan sebuah sumber cahaya ke media lain.

Sementara Combiner adalah sebuah kaca flat yang diposisikan dengan sudut kemiringan tertentu yang menghubungkan projector dengan media penangkapnya. Video Generation Computer merupakan sebuah sistem di dalam HUD yang memproses imagery sehingga dapat diproyeksikan oleh perangkat projector. Saat ini, teknologi HUD sendiri sudah mencapai generasi keempat. Awalnya HUD generasi pertamamenggunakan teknologi phosphor dan CRT di generasi pertama. Di generasi berikutnya menggunakan LED dan pada generasi terakhir sudah memanfaatkan laser.

Hud Di Industri Otomotif

Di dunia otomotif, General Motor merupakan perusahaan pertama yang menggunakan teknologi HUD warna pada tahun 1988 melalui Corvette C5 untuk sebuah ajang balap. Selanjutnya Nissan juga menerakannya pada seri 240SX pada rentang 1998 hingga 1994. Sementara untuk pasar domestik, Toyota mengintegrasikan HUD pada seri Crown Majesta. Saat ini, HUD sudah banyak yang menerapkannya. Namun, sebagian masih terdapat pada mobil-mobil terbaru yang berharga mahal. Namun, bagi pengguna mobil yang belum menggunakan HUD jangan khawatir karena kini sudah banyak produk-produk HUD aftermarket seperti buatan Garmin atau Navdy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *